Pengaruh Teknologi Pada Desain Grafis
Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban
manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes
Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan
dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman,
untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang
memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi
bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.
Desain grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya tulisan dan
mesin cetak. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama telah membawa peradaban
baru dalam sejarah peradaban Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan,
kesenian, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani.
Pada saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang
secara signifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hingga
akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan
lain-lain. Koran, majalah, tabloid, website yang sehari-hari kita lihat adalah
produk desain grafis. Bahkan animasi Spongebob Squarepants walaupun lebih
dikenal dengan sebutan kartun yang sering kita tonton di televisi merupakan
bagian dari produk desain grafis juga.Desain biasa diterjemahkan sebagai seni
terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah
kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja.
Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan
menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut
hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana,
proposal, atau berbentuk obyek nyata.
- Perkembangan Desain Grafis di Berbagai Media
Hampir semua bidang komunikasi
memerlukan input desain komputer. Hampir semua bidang komunikasi memerlukan
input desain grafis. Bob Cotton dalam buku The New Guide to Graphic Design
menyebutkan bahwa akselerasi perkembangan teknologi grafis dimulai pada tahun
1960-an dengan hadirnya phototype setting dan xerography yang mengarah kepada
digitalisasi. Halaman elektronik dan scan laser telah memberikan dua efek
besar, yaitu:
- Tersedianya perangkat (tool) dengan kemampuan lebih untuk berkreasi dengan memanipulasi teks dan gambar
Pertimbangan ekonomis telah menyebabkan tool tersebut diproduksi secara massal sehingga mengakibatkan aksesbilitas para desainer untuk menggunakannya
Beberapa Software Dalam Desain Grafis
Perkembangan software tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai
seni yang tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada
beberapa software yang digunakan dalam hal desain grafis antara lain :
- Adobe Photoshop
Adobe Illustrator- Adobe After Effect
CorelDraw- Mcromedia Freehand
- Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis
Kebudayaan
Desainer
menggunakan berbagai cara untuk menyampaikan artinya, dan sering kali
memanfaatkan norma-norma budaya bersama, nilai-nilai, sejarah dan bahasa.
Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari masa lalu untuk mendukung atau
mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu.
Selain itu, kebudayaan yang digunakan dalam desain pemodelan grafis secara
tidak sengaja telah memberitahukan jati diri desainernya. Faktor budaya
memberikan pengaruh luas dan dalam pada Desain pemodelan Grafis, misalnya
pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, sub budaya dan
kelas sosial pembeli agar dapat memuaskan keinginan dan perilaku konsumen.
Teknologi
Design
grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai
tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga
mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan,
yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan
desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka. Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi, memakai, serta
memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Teknologi muncul dalam cara-cara
manusia mengorganisasikan masyarakat, dalam cara-cara mengekspresikan rasa
keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian.
- Desain Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia & Komputer
Interaksi
manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah
disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer
agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling
efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan
komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan
oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir
yang diharapkan. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang
berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Adapun metode-metode yang dapat digunakan untuk
proses interaksi antara manusia dan computer adalah sebagai berikut:
- Ergonomi, hubungan manusia dengan mesin/komputer
dimana interaksi tersebut dapat berupa bentuk fisik
Interaksi antar manusia dan komputer, harus terdapat sinkronisasi antara manusia dan komputer- Faktor utama, manusia berpihak sebagai user dimana tugas dari user adalah sebagai pemerintah untuk prosesnya suatu sistem kerja pada komputer
- Kemampuan estetika dari desain grafis adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel.
Referensi:
https://grunge2you.wordpress.com/2012/11/29/pengaruh-teknologi-terhadap-perkembangan-grafis-dan-permodelan-yang-ada-serta-pengaruh-grafis-terhadap-perubahan-teknologi/
(Diakses pada tanggal 20 September 2017 pukul 19.26)
https://www.ranggahamdan.com/2016/10/25/pengaruh-terhadap-perkembangan-desain-grafis/ (Diakses pada tanggal 20 September 2017 pukul 19.32)
http://desoftskill.blogspot.co.id/2015/09/pengaruh-teknologi-terhadap.html (Diakses pada tanggal 20 September 2017 pukul 19.34)
http://rohmansubscribe.blogspot.co.id/2016/10/pengaruh-terhadap-perkembangan-grafis.html (Diakses pada tanggal 20 September 2017 pukul 19.35)
http://bagusbayubaskara.blogspot.co.id/2012/10/pengaruh-budaya-dan-teknologi-pada_4657.html
(Diakses pada tanggal 20 September
2017 pukul 19.50)
https://www.ranggahamdan.com/2016/10/25/pengaruh-terhadap-perkembangan-desain-grafis/
(Diakses pada tanggal 20 September
2017 pukul 21.33)
http://tugaskuliahefrida.blogspot.co.id/2016/09/pengaruh-teknologi-terhadap.html
(Diakses pada tanggal 20 September
2017 pukul 20.25)
Tags:
2018