Jaringan Sosiologi
JARINGAN SOSIOLOGI
A. Pengertian
Jaringan Sosiologi
Jaringan/Web adalah cermin untuk masyarakat, dan menggambarkan
kepentingan, Perasaan yang sangat merasuki pikiran dan keharusan abad ke-21
keberadaan manusia diperpanjang selama rentang yang sangat luas (mungkin
jangkauan terluas setiap ruang lingkup informasi manusia) dari set nilai,
budaya dan asumsi. Analisis istilah pencarian diketik ke Google kemungkinan
akan menjadi sumber daya utama bagi sejarawan masa depan. Pada bagian ini kita
akan melihat hubungan antara Jaringan dengan pengguna, pembaca dan penulis. Apa
yang dilakukan oleh setiap orang dan kelompok masyarakat inginkan dari
Jaringan/Web, dan apakah perilaku online diperlukan untuk Web sebagai
pekerjaan? Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit Terutama pada heterogenitas
radikal dari Web. beberapa orang ingin menggunakan Web untuk berbagi informasi,
beberapa untuk rekreasi dan hiburan, beberapa ingin untuk mengeksploitasi
informasi yang didistribusikan di Web untuk Meneliti dan melakukan ilmu pengetahuan
dengan cara baru yang radikal, yang lain ingin untuk arena perniagaan,
sementara yang lain berharap untuk menciptakan dan orang-orang semacam utopia
anarkis yang telah terbukti offline sehingga sulit dipahami
B. Ketertarikan
Masyarakat
Web telah melahirkan sejumlah komunitas dan
novel dengan sifat menarik. Misalnya, Massively Multiplayer Online Role-Playing
Game (MMORPG), di mana penerbit menyediakan ruang online terus-menerus ketika
permainan berlangsung, telah melahirkan ekonomi raksasa dan kode etik sebagai
komunitas yang sangat besar dari pemain (kadang-kadang dari urutan jutaan)
menghabiskan jumlah yang semakin besar dari waktu online. Potensi untuk
perilaku di masyarakat tentu saja akan tergantung pada besarnya luas pada
ketersediaan arsitektur dan ukuran masyarakat tersebut dapat sangat besar. Pada
awal 2001, dilaporkan bahwa 84% dari pengguna internet Amerika.
Ada tiga cara Jaringan interaksi yang penting sehubungan dengan
masyarakat yang ada yaitu:
·
meningkatkan
transparansi,
·
memungkinkan
komunitas offline untuk tumbuh melampaui batas-batas mereka secara 'alami', dan
·
memungkinkan
perbedaan, lebih Tersusun, jenis komunikasi antara anggota masyarakat
KEKURANGAN
DAN KELEBIHAN DALAM PENGGUANAAN INTERNET
Kelebihan | Kekurangan |
Hiburan | Ketergantungan pada jaringan telepon dan ISP |
Media Sosial | Selekivitas dan anonimitas |
Edukasi | Karakteristik demografis pemakai internet |
Informasi | Clutter dan “never ending search” |
Akses 24 jam | Reliabilitas |
Kecepatan | Virus |
Kenyamanan | Tidak ada filter yang tangguh |
Kemudahan akses | Pengawasan hokum lemah |
Interaktivitas dan fleksibelitas | Privasi mudah dibobol |
Sarana komunikasi murah | Informasi palsu dimana-mana |
C.
Struktur
Informasi Sosial
Struktur sosial dari Web tergantung pada keahlian struktur rekayasa kain
yang mendasari tingkat atas. Pemahaman tentang hubungan antara manusia dan
teknologi, dari implikasi bagi masyarakat dari manusia menjadi alat untuk
mempergunakan hewan, telah menjadi fitur dari banyak filosofis, politik dan
komentar sossial dari periode pasca-Pencerahan, misalnya dalam karya Marx dan
Heidegger . Jaringan/Web adalah refleksi dari kehidupan intelektual dan
kehidupan sosial manusia, tetapi juga secara khusus direkayasa untuk menjadi
sebagai alat.
Secara khusus, struktur Jaringan adalah Kemajuan pada struktur data
lainnya yang lebih tradisional. Semua struktur data berskala besar akhirnya
pasti dengan beberapa kondisi kongruensi dengan konteks manusia, misalnya dalam
suatu organisasi atau perusahaan [50]. hirarki informasi, misalnya, telah
dikembangkan dalam hierarki sebagai struktur informasi tertentu yang memenuhi
kebutuhan organisasi itu. Masalah dengan hirarki adalah informasi yang
cenderung awalnya dibuat untuk digunakan dalam konteks itu. Reuse informasi
sering bermasalah, tetapi dalam sebuah organisasi yang sangat hirarkis dengan
sistem informasi Sejalan hirarkis, masalah ini terselesaikan oleh pengetahuan
yang tidak biasanya diambil di luar konteks yang diciptakan
Keahlian
teknik inovasi Jaringan/Web adalah apa yang menciptakan nilai tambah bagi
pengguna manusianya. Pengembangan URI memungkinkan cepat dan tidak dibatasi
oleh ruang informasi ke segala arah; dari setiap titik di ruang web satu dapat
mencapai titik lain dengan segera (satu dapat memilih untuk dibatasi oleh link berikut
atau output dari mesin pencari, tentu saja). Dengan kata lain, GOTO adalah
kembali; GOTOs global telah disahkan, karena ketika gerakan semacam itu
dibiarkan kemungkinan akan terbuka secara kebetulan. Penggunaan ulang dalam
situasi diprediksi, seperti yang terjadi dengan struktur informasi hirarki,
juga bisa terjadi di Jaringan/Web, dan GOTOs memiliki kerugian tersendiri.
Analisis interaksi dan kerjasama yang lebih keras, seperti Dijkstra diprediksi,
dan juga sistem tergantung pada pemeliharaan dan berfungsinya ruang URI.
Demikian pula, kesederhanaan menyediakan
halaman error 404 bila tidak ada sumber daya yang ada pada URL adalah teknik
penting dalam faktor browser telah
berhasil berkomunikasi dengan server tapi server itu antara mampu atau tidak mampu
kembali ke halaman. Kuncinya adalah bahwa tampilan kesalahan 404 merupakan
tanggapan ringan untuk kegagalan yang tidak menghambat aktivitas pengguna
dengan menekan tombol 'back' pada browser dapat mengembalikan segalanya ke
status sebelumnya. Web tidak bisa berfungsi tanpa toleransi kesalahan ini.
Struktur
informasi tidak hanya struktur berbasis
sosial di Web; pengguna lain memiliki proses yang lebih berorientasi dengan
kumpulan persyaratan. Bagi kebanyakan persoalan penting adalah tidak berbagi
informasi melainkan berbagi pengetahuan; untuk pengguna tersebut, kuncinya
adalah tidak begitu banyak untuk menyediakan ontologi sebagai cara untuk
mengekspresikan alur kerja. Dan pemodelan arus informasi daripada negara telah
menyediakan rute yang menarik ke dalam kreasi dan penemuan layanan web. Di sisi
lain, seperti di daerah lain, ontologi dan alur kerja yang tidak sesuai,
meskipun mereka menangani isu-isu yang berbeda; memang, pembangunan alur kerja
dapat bersifat konkrit dan dimediasi. Dan pemodelan yang dapat menguraikan alur
kerja dapat diproses terdistribusi dan dinamis sesuai tugas pemahaman (misalnya
untuk layanan Web komposisi) yang menghindari over-sentralisasi ditetapkan alur
kerja.
D. Signifikasi
& Metrik
Signifikansi dapat
didekomposisi menjadi dua jenis metrik: relevansi dan kualitas. Relevansi
terhubung dengan gagasan pertanyaan: berapa banyak pertanyaan yang halaman
dapat tangani? Berbagai cara menjawab pertanyaan yang telah menyebabkan
perkembangan dari sejumlah algoritma penting, tetapi pada dasarnya idenya
adalah bahwa sebuah halaman menangani pertanyaan ketika berisi informasi yang
relevan dengan pertanyaan, atau titik pembaca ke sumber daya yang berisi
sebagai informasi. Satu pendekatan adalah untuk melihat struktur hyperlink yang
memberikan konteks untuk halaman web, dan mencoba untuk menyimpulkan ukuran
relevansi dari struktur-struktur.
Ada
dua teknik utama untuk mengekstraksi informasi yang berkualitas dari struktur
hyperlink. Metode kutipan berdasarkan didasarkan pada wawasan yang link ke atau
dari halaman cenderung berkonotasi semacam kesamaan. Jika dua halaman kedua
titik ke halaman ketiga, maka dua halaman pertama mungkin berbagi topik yang
menarik; jika halaman poin ke dua halaman lainnya, maka dua terakhir juga
berbagi topik. Acak metode berbasis berjalan menggunakan model dari Web sebagai
grafik dengan halaman sebagai node dan link sebagai ujungnya diarahkan dan
mengembangkan probabilitas statistik berdasarkan random walk sekitarnya. Jika
Ukuran kualitas halaman keluar dari metode tersebut dengan mengukur kualitas
halaman lain terhubung ke, dan penyaringan oleh derajat mereka koneksi. Bersama
dengan metrik relevansi, metrik kualitas kemudian dapat peringkat hasil
pencarian.
Ukuran
kualitas yang paling terkenal adalah PageRank, dibahas sebelumnya, yang
dibangun pada intuisi bahwa halaman yang dikutip oleh banyak halaman lain
kemungkinan akan kualitas yang signifikan. Wawasan PageRank adalah bahwa cara
yang jelas untuk menumbangkan model yang mengatur beban halaman contoh untuk
mengutip halaman mana yang ingin meningkatkan. Tetapi jika halaman yang dikutip
oleh banyak halaman lain yang sendiri memiliki PageRank yang tinggi, maka
kemungkinan untuk menjadi berkualitas tinggi. Metode PageRank memiliki
karakterisasi intuitif lain yang pada pandangan pertama tampaknya tidak ada
hubungannya dengan kualitas: itu adalah probabilitas bahwa acak surfer akan
mencapai halaman. Nilai dari tindakan ini tercermin dalam keberhasilan Google
dalam hal umur panjang, nilai pasar dan pangsa pasar mesin pencari. Selanjutnya,
langkah-langkah lain kualitas mengeksploitasi gagasan random walk,
kadang-kadang eksplisit memperluas ide-ide yang mendasari PageRank.
E. Kepercayaan
dan Repurtasi
Kualitas dan
signifikansi berkaitan dengan penerimaan yang halaman menerima dari seorang
pembaca; keyakinan pembaca tentang halaman secara inheren lebih subjektif dari
metrik yang diuraikan di atas. Keyakinan subjektif cenderung berkumpul di bawah
kepercayaan pos. Kami telah melihat kecenderungan bagi otoritas dan hub untuk
muncul sebagai fokus dari komunitas cyber. situs tersebut dengan cara-cara
penting terpercaya: kewenangan dipercaya oleh penulis laman web lain untuk
mengandung informasi yang dapat dipercaya, sementara (sukses) hub dipercaya
oleh pengguna untuk menunjuk ke tempat di mana informasi yang dapat dipercaya
dapat diperoleh.
Kepercayaan adalah,
tentu saja, merupakan faktor penting dalam pengembangan Web, di sejumlah
bidang. karya ilmiah atau akademis yang terpercaya untuk melaporkan hasil yang
benar. Penulis halaman dipercaya untuk menjadi yang mereka katakan. layanan web
yang dipercaya untuk melakukan apa yang mereka katakan mereka akan melakukan
tanpa kerusakan kepada orang lain. situs E-commerce yang dipercaya untuk
membuat penggunaan yang tepat dari rincian kartu kredit, untuk mengirim barang
yang dipesan, dan untuk menjaga data yang aman. Arsitektur Web, yang secara
eksplisit memfasilitasi anonimitas dan menyalin akurat, membuat kepercayaan
sangat penting masalah.
Ada
dua tingkat signifikansi sehubungan dengan berlakunya kepercayaan seluruh Web
yang menuntut pendekatan yang berbeda. Pertama ada adalah tingkat sistem secara
keseluruhan, di mana seseorang mencoba untuk memverifikasi bahwa peraturan yang
mengatur gaya interaksi semua aktor untuk jujur. Strategi utama pada tingkat
sistem ini adalah untuk menyediakan infrastruktur untuk menjamin keamanan,
misalnya dengan menggunakan skema sertifikasi atau privasi-meningkatkan
teknologi, dan mengambil rute Hobbes untuk menghalangi perilaku tidak bermoral
- itu membuat terlalu mahal untuk melakukan, untuk satu alasan atau yang lain.
Untuk itu, mekanisme tersebut sangat terkait dengan isu-isu yang harus
dilakukan dengan Web Pemerintahan.
Kedua,
ada tingkat individu, di mana satu harapan bahwa mitra interaktif seseorang
atau lawan jujur, reciprocative dan aturan-berikut. Di sini cenderung
mengandalkan umpan balik tentang perilaku; kadang bagaimana keuntungan pengguna
Web reputasi. Reputasi adalah elemen kunci untuk percaya, karena menyajikan
sketsa trustee diabstraksikan (mandiri) dari sejarah. Berdasarkan sejarah
seperti itu, reputasi tidak dan tidak dapat mengikat perilaku masa depan;
karena itu tidak menghapus risiko. Berdasarkan berbagai pertimbangan, sebagian
besar yang subjektif atau memiliki unsur subjektif yang kuat, fungsi menggabungkan
dari utation-wakil dimaksudkan untuk kelancaran keluar pendapat jahat tertentu
atau peristiwa tunggal.
KESIMPULAN:
Pada zaman sekarang,
didunia ini keseluruhan kegiatan jual beli sudah bersifat serba online. Apapun
serba praktis, tidak perlu menguras tenaga lagi untuk mencari-cari barang yang
kita inginkan. Hanya dengan mengikuti langkah-langkah instruksi yang
diperintahkan untuk bertransaksi, barang akan langsung datang kerumah dalam
beberapa hari, kita hanya menunggu saja. Dengan dimudahkannya suatu website
jualbeli yang menyimpan no rek kita untuk mempermudah bertransaksi akan sangat
menguntungkan dan pihak lapaknya pun akan menjamin bahwa tidak ada apa-apa.
Bagaimana perubahan struktur informasi social masyarakat yang terlihat ketika
system pembelanjaan dari offline menjadi online dalam kepercayaan dan repurtasi
jaringan sosiologi ini?? Pada system kepercayaan jelas sekali lebih ke jual
beli offline karna kita akan selalu menanyakan kualitas barang yang akan dibeli
tetapiii kita salaaaahhhh, ternyataaa masyarakat akan lebih aktif di media
online dari pada harus offline apalagai sekarang sudah ada fasilitas chat
dimana pembeli bisa menanyakan barang tsb ke penjual tanpa harus bertemu.
Tetapi dengan cara ini kita jadi pasif dalam bersosalisasi, interaksi social
kita akan berkurang jika kita terpakut oleh sebuah gadget yang sudah di bubuhi
oleh internet.
Tags:
2017